Sunday, April 12, 2009

Siak Sri Indrapura... Pesona Kota Melayu Di negeri Bertuah


Komet
Danau Zamrud
Istana Siak

Jembatan Siak

Salah satu daerah potensi wisata yang memiliki riau tercinta ini adalah Siak . Sebuah kota yang berangsur-angsur terus membangun. Potensi Wisata budaya,sejarah dan wisata alam sangat menarik untuk di kunjungi. Berkunjunglah ke Istana Siak, sebuah istana indah peninggalan kesultanan Melayu Siak yang ber-arsitektur barat,tempat dulunya Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasiem II memerintah kerajaan ini,sebelum dengan sukarela memilih bergabung dengan Republik Indonesia saat Proklamasi Kemerdekaan. Di Dalam istana ini masih banyak barang-barang peninggalan kesultanan yang masih tersimpan rapi dan juga Komet,pemutar musik jaman dulu yang hanya ada 2 di dunia.

Setelah menikmati Istana Siak,berkunjunglah ke Kapal Kato,kapal peninggalan Kesultanan Siak yang menurut ceritanya sudah pernah mendampingi Sultan Siak sampai ke benua Eropa. Kemudian berkunjunglah ke makam Pahlawan Nasional , Sultan Syarief Kasim II. Sultan Kerajaan Melayu Siak yang dari dulu menentang penjajahan Belanda dan begitu Proklamasi Kemerdekaan RI dengan sukarela Sultan Meleburkan Wilayah kesultanannya ke Republik Kita tercinta ini, bahkan belanda sampai mendirikan tangsi nya di Siak,karena khawatirnya mereka dengan aktifitas Sultan yang menentang penjajahan belanda. Sempatkan juga untuk melihat Peninggalan Tangsi Belanda yang masih berdiri kokoh di seberang sungai Siak itu.

Sempatkan juga berkunjung ke salah satu Landmark baru Siak,yaitu jembatan Sultanah Latifah yang megah itu. Jembatan yang diresmikan langsung oleh Presiden Yudhoyono itu,dapat menarik wisatawan melihat "golden gate"-nya Riau tersebut.Banyak Orang yang terpesona dengan Arsitektur yang Unik serta tampilannya yang gagah.

Sebenarnya masih banyak lagi potensi yang bisa digali dari Siak ini. Misalnya dengan pembangunan suatu desa wisata yang menampilkan secara natural Kebudayaan Melayu Asli yang pastinya bakal menarik wisatawan-wisatawan yang tertarik dengan Kebudayaan Melayu itu. Selain itu untuk potensi wisata alam, Siak memiliki Danau Zamrud yang masih belum di eksploitasi potensi wisatanya secara maksimal. Padahal bila pemerintah dapat memaksimalkan danau ini, bukan tidak mungkin Danau ini bakal menjadi andalah wisata Provinsi Riau kedepan.
Bila Potensi-potensi wisata di Riau ini dapat di eksploitasi secara maksimal, diharapkan kedepannya warga riau yang haus akan hiburan ke tempat wisata tidak lagi ngabur ke provinsi tetangga,..............:D




No comments: